Inilah Surau Tertua Di Kota Pontianak

Inilah Surau Tertua Di Kota Pontianak



Seperti kita ketahui, Masjid Jami Sultan Syarif Abdurahman merupakan masjid tertua di Pontianak yang berdiri pada tahun 1771 M. Nah, Untuk kategori surau tertua di Kota Pontianak, ternyata juga berada tak jauh dari lokasi Masjid Jami. Surau Bait Annur namanya.

Surau Bait Annur
Kesan tenteram mungkin akan kita rasakan atau juga kecerahan jiwa. Surau Bait Annur yang berarti Rumah Cahaya ini didirikan pada tahun 1216 Hijriah atau bertepatan dengan tahun 1802 pada penanggalan masehi. Tertera nama nakhoda Ahmad sebagai pendirinya.

Surau Bait Annur

Surau Bait Annur
Sosok nakhoda Ahmad merupakan seorang nakhoda kapal yang membawa rombongan Sultan Syarif Abdurrahman sampai ke daerah delta Sungai Kapuas ini.

Menurut Soedarto, sejarawan Kalbar, bagian atap yang sekarang ini sudah tidak asli. Gaya "Banjar" sudah tidak terlalu terlihat. Untuk daun pintu juga telah direnovasi dengan gaya Eropa.

Surau Bait Annur

Surau Bait Annur
Sebagai salah satu dari empat belas benda cagar budaya yang telah ditetapkan, sentuhan perawatan dan pemeliharaan tentunya akan membuat bangunan ini jauh lebih apik. Karena selain memiliki sejarah yang panjang, surau ini juga tetap digunakan dan difungsikan sampai saat ini.

Surau Bait Annur

Surau Bait Annur

Surau Bait Annur

Sumber : Pontianak Heritage
Edited by : Riz
Photo by : Riz



0 comments :

Post a Comment

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saye meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan).