Nanga Pinoh

Nanga Pinoh


Nanga Pinoh adalah sebuah kota kecamatan yang juga Ibukota Kabupaten Melawi, Provinsi Kalimantan Barat. Kota Nanga Pinoh berasal dari nama sungai, karena letaknya persis di antara 2 sungai yaitu sungai Melawi dan sungai Pinoh.

Tanggal 5 September 2015, Saya pergi ke Nanga Pinoh untuk pertama kalinya bersama Ibu saya. Kami berangkat ke Nanga Pinoh dengan menggunakan motor abang sepupu saya. Tepat jam 09.00 kami pun berangkat dari Nanga Tempunak menuju Nanga Pinoh. Menurut informasi dari abang kandung saya di Nanga Tempunak, dari Nanga Tempunak ke Nanga Pinoh hanya membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam untuk sampai ke Nanga Pinoh.

Sepanjang jalan, kami ditunjukkan pemandangan yang begitu menyegarkan mata dan beberapa tempat yang menurut saya sangat menarik seperti Batu Buil, Bukit Matuk dan Sungai Belimbing, ditambah aspal jalan yang mulus menambah perjalanan terasa lebih tenang. Ibu saya juga bercerita tentang masa kecilnya dulu di Nanga Pinoh yang begitu menarik bagi saya. 


Tambang Batu Andesit di Bukit Batu Buil


Bukit Matuk

Akhirnya sekitar jam 10.30 lewat sedikit, kami sampai di Kota Nanga Pinoh. Sampai disana, Ibu saya langsung menelpon Bang Haji Ramidan yang merupakan mantan kepala dinas Pendidikan (Se-Kabupaten atau Se-kecamatan Nanga PInoh saya lupa) dan minta izin untuk menginap disana.

Sore harinya, Saya pun menyempatkan diri untuk berkeliling Kota Nanga Pinoh yang belum pernah saya kunjungi sebelumnya. Dan berikut adalah gambar2 selama saya di Nanga Pinoh


Sungai Pinoh

Tugu Juang (Entah kenapa orang-orang Nanga Pinoh menyebutnya "Tugu Naruto")



Koleksi Batu Akik Bang Haji Ramidan



Tugu Republik Indonesia Serikat di kawasan terminal Tanjung Niaga

1 comment :

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saye meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan).