Rumah Radakng, Kebangaan Masyarakat Kalimantan Barat

Rumah Radakng, Kebangaan Masyarakat Kalimantan Barat




Rumah Radakng, itulah nama rumah adat suku Dayak terbesar di Indonesia bahkan di dunia dengan panjang kira-kira 138 meter dan tinggi 7 meter. Rumah Radakng (Radakng merupakan bahasa Dayak Kanayatn dalam Bahasa Indonesia berarti, rumah betang atau rumah panjang) merupakan salah satu simbol semangat Kekeluargaan, Persaudaraan, Gotong Royong dan Kebersamaan masyarakat Dayak. Rumah Radakng Kalimantan Barat yang terletak tepat disebelah Rumah Adat Melayu di Jalan Sutan Syahrir, Pontianak, Kalimantan Barat. Rumah Radakng ini katanya dibangun sebagai upaya pengembangan dan pelestarian adat istiadat. Karena rumah panjang punya nilai strategis.


Rumah Radakng didesain untuk menampung sekitar 600 orang di ruang utama. Sementara itu, area halaman yang luas juga dapat digunakan untuk aktivitas budaya atau menggelar konser musik. Bangunan ini memiliki dua tangga utama yang terbuat dari kayu berukuran sangat besar dan panjang. 

Mengingat Rumah Radakng adalah Rumah Adat Termegah dan Terbesar di Indonesia bahkan Dunia maka jika anda berkunjung ke Kota Pontianak, Rumah Radakng adalah salah satu tempat wisata yang wajib anda kunjungi. Dan yang lebih penting lagi, anda bisa masuk secara gratis (kecuali pada saat ada pameran, pagelaran seni budaya atau konser).


0 comments :

Post a Comment

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saye meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan).