Lepaskan Beban Pikiran di "One Billionth Barrel Monument" Brunei Darussalam

Lepaskan Beban Pikiran di "One Billionth Barrel Monument" Brunei Darussalam





Halo semuanya. Lama tidak posting karena akhir-akhir ini tim lagi pada sibuk dengan pekerjaan dan studinya sehingga bebeapa bulan kami tidak melakukan aktivitas di website dan video. Hanya sekali-sekali saja jika ada waktu luang. Nah, pada postingan kali ini kami akan memberikan informasi yang berhasil kami dapatkan dari kontributor kami di Brunei Darussalam. Tentang apa ? Tentu saja tentang tempat yang menarik yang ada di Brunei Darussalam.

Sebelum kita masuk lebih jauh, kami akan memberikan informasi beberapa fakta menarik dari negara yang masih berada satu pulau dengan Pulau Kalimantan yang kami kutip dari berbagai sumber.



  1. Brunei Darussalam adalah salah satu negara terkecil di dunia dengan luas wilayah hanya mencapai 5.765 km². Tapi, meskipun kecil ukurannya, Brunei Darussalam termasuk salah satu negara terkaya di dunia berkat cadangan minyak dan gas bumi yang melimpah. Pendapatan per kapita Brunei Darussalam mencapai $ 36,583. Bisa dibilang "kecil-kecil cabe rawit".
  2. Brunei Darussalam merupakan negara yang berbentuk kerajaan monarki Islam dengan raja sekaligus perdana menterinya Sultan Haji Hassanal Bolkiah, yang mulai menjabat sebagai perdana menteri sejak tanggal 1 Januari 1984.
  3. Sultan Haji Hassanal Bolkiah dinobatkan sebagai Sultan Brunei yang ke-29 pada tanggal 4 Oktober 1967 dengan gelar sangat panjang, yaitu Sultan Haji Hassanal Bolkiah Mu'Izzaddin Waddaulah Ibni Al-Marhum Sultan Haji Omar 'Ali Saifuddien Sa'adul Khairi Waddien, Sultan dan Yang Di-Pertuan Negara Brunei Darussalam.
  4. Tempat kediaman resmi Sultan Haji Hassanal Bolkiah adalah di Istana Nurul Iman yang merupakan istana terbesar kedua di dunia setelah Forbidden City Beijing, Cina, dengan 3.400 kamar, 290 kamar mandi, dan luas lantai 200.000 m².
Nah, itu tadi sedikit fakta menarik tentang Brunei Darussalam. Sekarang kita langsung ke spot yang berhasil kami kunjungi untuk saat ini, yaitu One Billionth Barrel Monument.




One Billionth Barrel Monument adalah sebuah monumen yang dibangun pada tahun 1991 untuk memperingati jumlah satu miliar tong minyak yang telah diproduksi di ladang minyak lepas pantai di Seria, Brunei Darussalam. Monumen ini terletak di dekat sumur pertama yang ditemukan di Seria Oil Field. Monumen ini merupakan tonggak simbolis besar bagi kesultanan Brunei. Perlu anda ketahui, Brunei memproduksi 180.000 barel minyak setiap 24 jam, sehingga negara ini menjadi produsen minyak terbesar ketiga di Asia Tenggara. Brunei juga merupakan produsen terbesar keempat untuk gas alam cair di seluruh dunia. 

Tidak banyak yang bisa dideskripsikan tentang tempat ini. Tapi, tempat ini merupakan salah satu tempat favorit bagi masyarakat Brunei untuk melepas penat setelah bekerja ataupun saat liburan. Lebih bagus jika anda datang ke monumen ini saat sore hari, karena anda juga bisa melihat keindahan Laut Cina Selatan dan menikmati sunset bersama keluarga atau siapapun.

Oke, kiranya cukup sekian dulu untuk artikel kali ini. Nantikan cerita kami yang berikutnya ya. O iya, jangan lupa untuk menyaksikan video kami di website ini dan juga di Channel YouTube kami yaa. Salam






Kontibutor:
Randi Dwi Nugraha (Dokumentasi & Peliput)
Rizky Kurniawan (Penulis & Publikasi)

Credits:
http://peutrang.blogspot.co.id/
http://www.berkuliah.com/





0 comments :

Post a Comment

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saye meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan).