3 fakta yang mungkin kamu belum ketahui tentang Sungai Kakap

3 fakta yang mungkin kamu belum ketahui tentang Sungai Kakap


Sungai Kakap adalah sebuah Desa sekaligus Ibukota dari kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya. Sungai Kakap berbatasan langsung dengan Ibukota Provinsi Kalimantan Barat, Kota Pontianak). Dikatakan dekat karena jarak dari Kota Pontianak menuju Sungai Kakap hanya sekitar 26 km. Mungkin sebagian masyarakat mengenal bahwa Sungai Kakap itu tempat untuk memancing. Padahal jika kita gali lebih dalam lagi ada beberapa fakta menarik yang mungkin belum diketahui. Disini kami berhasil mendapatkan 3 tempat menarik termasuk fakta unik seputar Sungai Kakap.




















1. Muara Sungai Kakap

Muara Sungai Kakap, salah satu tempat favorit bagi pemancing, hampir setiap hari tempat ini selalu ramai apalagi kalau sudah Weekend dan hari Libur. Di Muara Sungai Kakap ini kalau mau memancing telah disediakan perahu motor, atau sampan biasa untuk disewakan. Harganya dimulai dari Rp.250.000 – Rp.500.000 tergantung besar-kecilnya ukuran sampan/ motor air yang dipakai.
Yang sekedar suka atau ingin melihat pemandangan laut, tempat ini juga menjadi salah satu tujuan yang harus dikunjungi. Sebab di muara Kakap ini adalah tempat yang pas untuk menikmati saat matahari terbenam (sunset), apalagi sekarang dermaga nelayan sudah dipercantik. Ini merupakan spot yang pas untuk melakukan foto-foto.

2. Kelenteng Tengah Laut

Di Sungai Kakap, ada sebuah Kelenteng/ Pekong yang berdiri di tengah laut. Ini merupakan bangunan suci warga tionghoa sekitar, tempat beribadah dihari-hari tertentu. Kalau lagi kosong/ tidak digunakan untuk upacara agama, kelenteng ini dibuka untuk umum, jadi siapapun boleh kesana. Lokasinya berdiri sendiri ditengah laut/ muara Kakap, sehingga makin luaslah pemandangan pengunjung melihat indahnya lautan lepas dan menikmati suasana santai sambil menyalurkan hobi memancing. Biasanya, Kita harus menyewa motor air dan diantar dengan tarif yang tidak terlalu mahal, bisa berjanji sama yang mengantar untuk djemput lagi sesuai dengan jamnya. Sekedar info, Kelenteng ini merupakan satu-satunya tempat ibadah di dunia yang berdiri/dibangun di tengah laut lepas.



3. Robo-robo’

Sekarang ini, Pemerintah Kubu Raya lagi meningkatkan terus potensi wisata bahari Sungai Kakap. Selain yang disebotkan diatas, ada lagi potensi wisata budaya di Sungai Kakap yang sudah terkenal diberi nama pesta rakyat ROBO-ROBO’. Acara ini diadakan setahun sekali di hari rabu terakhir bulan Shafar. Di acara ini biasanya para raja di Kalimantan Barat sebagai tamu kehormatan turut ambil bagian di acara ini. Acara ini selalu ramai dikunjungi dari penjuru Kota Pontianak dan Kubu Raya bahkan ada yang dari Kabupaten Mempawah, Singkawang dan masih banyak lagi. Acara ini berisikan proses pelepasan beberapa persembahan ditengah laut. Dimeriahkan pula dengan lomba sampan, musik dangdut, dan acara meriah lainnya. Acara ini juga mendatangkan berkah bagi para Pedagang yang tak mungkin melepaskan kesempatan ini sampai-sampai beberapa warga berkata bahwa “Robo-robo’ ini selain pesta budaya, juga merupakan pesta lelong (penjualan pakaian serba murah). intinya acara budaya di Sungai Kakap setahun sekali ini selalu menjadi antusiasme warga, sehingga selalu ramai dikunjungi.

Bagi yang belum pernah ke Sungai Kakap, haruslah segera mengunjungi Sungai Kakap dengan potensi wisatanya yang rugi kalau dilewatkan. Bagi yang sudah pernah pasti akan datang lagi...

Oke demikian artikel yang kami tulis dalam kesempatan ini. Di artikel ini pula kami memberikan video Jalan - Jalan Yok JJY Episode Sungai Kakap yang sayang jika tidak ditonton karena ada informasi-informasi dan kita akan mengunjungi beberapa tempat di Sungai Kakap. Videonya bisa anda tonton dibawah ini


0 comments :

Post a Comment

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saye meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan).