Rock Climbing di Bukit yang "Menipu" dan "Memperdaya" Mata

Rock Climbing di Bukit yang "Menipu" dan "Memperdaya" Mata



Bukit Batu Daya adalah salah satu bukit batu yang ada di Provinsi Kalimantan Barat. Disebut Batu Daya karena keindahan bukit ini memperdaya pandangan kita. Bukit ini berdiri kokoh, bila kita berlayar dari Pontianak atau Pulau Karimata, maka bukit batu daya ini tampak menonjol pada gugusan Gunung Palung. Bukit ini punya banyak nama lain seperti “Bukit Gantang” karena bentuknya yang kokoh bersegi seperti gantang (takaran padi) dan “Bukit Unta”, karena bentuknya mirip punggung unta, dan ada pula yang menyebutnya mirip kura-kura. Bukit ini terletak antara perbatasan Kec. Laor, Simpang hilir (Kab. Ketapang) dan Sukadana (Kab. Kayong Utara), juga termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Palung (TNGP). Uniknya, jika kita liat dari tempat yang berbeda maka bentuknya juga akan berbeda.

Untuk menjangkau Bukit Batu Daya dapat dijangkau dari Ketapang sekitar 6 jam perjalanan, sedangkan dari perbatasan KKU dan Ketapang diperlukan waktu kurang lebih 30 menit. Sedangkan dari Kecamatan Simpang Dua menuju Desa Batu Daya memerlukan waktu 1,5 jam dan dari Kecamatan Laur menuju Batu Daya sekitar 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Bukit Batu Daya juga merupakan tempat favorit untuk melakukan rock climbing karena Bukit ini mempunyai karakter yang berbatu dan terjal sehingga menantang adrenalin para pecinta rock climbing.




Oke, kiranya cukup sekian dulu untuk artikel kali ini. Nantikan cerita kami yang berikutnya ya. O iya, jangan lupa untuk menyaksikan video kami di website ini dan juga di Channel YouTube kami yaa. Salam

0 comments :

Post a Comment

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saye meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan).